LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang
LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang

Dalam Tiga Dekade, Wajah Bumi Berubah Drastis

Author : Administrator | Senin, 13 Mei 2013 15:24 WIB

Jumeira Palm Island di Dubai
 

KOMPAS.com - Google merilis animasi yang menunjukkan perubahan drastis wajah Bumi dalam tiga dekade. Animasi dibuat berdasarkan data satelit Landsat, bekerjasama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Badan Geologi AS (USGS) dan Time.

"Hari ini, kita membuka kemungjunan bagi Anda untuk kembali ke masa lalu dan mendapatkan perspektif sejarah bagaimana tentang perubahan Bumi dari masa ke masa," kata Rebecca Moore, manager rekayasa Google seperti dikutip Daily Mail, Minggu (12/5/2013).

"Bekerjasama dengan USGS, NASA dan TIME, kami merilis citra Bumi lebih dari seperempat abad yang diambil dari antariksa, dikompilasi untuk pertama kali dalam format time-lapse interaktif. Kami percaya ini ialah citra perubahan Bumi paling lengkap yang bisa dinikmati publik," tambahnya.

Citra pertama menyuguhkan perubahan yang terjadi di Dubai. Pada tahun 1984, wilayah pantai Dubai masih alami. Namun, seiring pengembangan wilayah, kini ada pulau artifisial bernama Pulau Palem di kawasan pantainya. Tampak, wilayah sekitar pantai juga mengalami perkembangan properti pesat.


Dubai

 

Citra lain menyuguhkan gambaran yang memprihatinkan tentang kondisi Gletser Columbia di Alaska. Es terus menyusut. Di citra lain lagi, disuguhkan perubahan pada gurun-gurun di Arab Saudi yang kini teririgasi oleh air dari lapisan akuifer.



Columbia


Saudi Arabia

 

Deforestasi menjadi gambaran lain yang disuguhkan. Animasi Google menunjukkan bahwa wilayah hutan Amazon semakin menyusut akibat pembangunan jalan, penebangan dan konversi hutan menjadi lahan pertanian.


Brazil

Animasi Google juga menunjukkan mengeringnya Danau Urmia di Iran. Pemerintah Iran menunjuk perubahan iklim sebagai penyebabnya. Sementara, kritikus pemerintah Iran mengungkapkan bahwa mengeringnya danau adalah akibat pembangunan dam.



Lake Urmia

 

Terakhir, animasi Google juga menunjukkan apa yang terjadi di kota-kota besar dunia. Google mengambil contoh Las Vegas. Animasi menyuguhkan gambaran ledakan populasi manusia dan dampaknya pada perubahan wajah kota.



Las Vegas

 

Animasi mulai digarap tahun 2009 saat Google bekerjasama dengan USGS. Google memilih citra terbaik dari 2.068.467 gambar hasil pencitraan Landsat yang kapasitas totalnya mencapai 909 terabit.

Pihak Google mengungkapkan, animasi yang dirilis tidak hanya mengagumkan. Diharapkan, animasi bisa membuat manusia berpikir tentang apa yang akan terjadi pada Bumi, bagaimana manusia hidup di masa depan dan apa langkah yang harus dilakukan.

Editor : yunan


 
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image