Daun Buatan Tirukan Fotosintesis

Rabu, 05 Juni 2013 10:05 WIB

bo/abcnews.go.com

Metrotvnews.com: Bayangkan daun buatan menirukan fotosintesis dan membiarkan tumbuhan mengambil energi dari matahari. Selanjutnya, daun memiliki kemampuan menciptakan energi yang bersih ke rumah dan mobil hanya menggunakan cahaya matahari dan air.

Ide tersebut nyata dan menjadi subjek di film pendek The Artificial Leaf yang dibuat oleh Jared P Scott dan Kelly Nyks untuk GE Focus Forward Film Competition.

Film tersebut memperlihatkan ahli kimia Daniel Nocera, penemu daun buatan yang katanya dapat memberi energi ke seluruh dunia.

"Kenyataan lebih aneh daripada fiksi," kata seorang mitra di PF Pictures, Kelly Nyks.

"Apa yang saya pikirkan sangat menarik dan bahwa Dan telah mengambil ilmu ini serta mengaplikasikannya sehingga dapat memecahkan krisis energi di planet secara nyata," tambahnya.

Daun buatan NOcera adalah wafer silikon yang dilapisi katalis yang menggunakan cahaya matahari untuk membagi air ke komponen hidrogen dan oksigen.

"Secara esensial, ini menirukan fotosintesis," kata Nocera.

Gas yang menggelembung dari air dapat diubah menjadi bahan bakar untuk memproduksi listrik dalam bentuk sel bahan bakar. Perangkat mungkin terdengar seperti fantasi fiksi ilmiah, tetapi Nocera berharap suatu hari dapat menyediakan alternatif untuk sentralisasi sistem energi. (abcnews.go.com)


Editor: Rina Garmina



sumber : metrotvnews

Shared: