LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang
LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang

DPPM UMM Gelar Sosialisasi Program Litabmas dan Pengayaan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Author : Administrator | Jum'at, 22 Maret 2013 12:57 WIB
Berita UMM
 

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang menggelar acara sosialisasi program litabmas pada (Kamis, 21/3). Acara yang berlangsung di Aula BAU kemarin di hadiri oleh tak kurang 75 dosen dari berbagai fakultas. Pembicara dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Ir  Bondan T. Sofyan dari Lembaga riset Universitas Indonesia dan Addy Suyatno, ST., MM dari LPPM Universitas Mulawarman.

Acara dibuka oleh sambutan dari direktur DPPM Universitas Muhammadiyah Malang Bapak Prof. Dr. Ir Soedjono, M.Kes dimulai pada pukul. Dalam sambutannya, beliau menghimbau agar dosen-dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian untuk lebih teliti lagi dalam membuat proposal penelitian dan pengabdian. Selain itu, beliau juga berharap untuk penelitian dan pengabdian 2013 agar semakin meningkatkan minat dalam melakukan penelitian dan pengabdian.

Kemudian acara berlanjut dengan penyampaian materi oleh Bpk Addy Suyatno, ST,. MM. Dalam penyampaiannya beliau banyak menyampaikan mengenai deskripsi Kalimantan Timur dan potensi-potensi yang dimiliki Kalimantan Timur. “Kalau ndak kenal maka tak sayang kan”, celetuk Pak Addy saat memulai materinya. Para dosen pun antusias mendengarkan dan menyimak materi yang disampaikan oleh Pak Addy. Gambaran mengenai Kalimantan Timur dpresentasikan apik dengan menampilkan data dan gambar melalui layar di depan, dari situlah para audience bisa mengenal Kalimantan Timur secara singkat. Tujuan penyampaian materi mengenai Kalimantan Timur itu adalah untuk memberi inspirasi bagi para peneliti untuk dapat meneliti di derah berpotensi seperti Kalimantan Timur.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Prof. Dr. Ir.  Bondan T. Sofyan. Beliau menyampaikan beberapa hal penting terkait penelitian dan pengabdian. Salah satunya adalah komponen penting pendukung penelitian riset, “ada tiga komponen penting dalam membuat penelitian yang bermutu yakni sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur dan kapasitas institusi”. Selain itu beliau menghimbau agar penelitian itu baiknya dilakukan bila ada passion. “Standardnya penelitian itu dilakukan dengan passion”, ujar Prof Bondan. Dengan santai namun serius beliau juga menyampaikan mengenai penelitian yang bermutu harus memenuhi langkah-langkah sebagai berikut : dilaksanakan dengan metode penelitian sesuai bidang ilmu, memberi kontribusi baru, menghasilkan artikel layak terbit, selesai sesuai waktunya, menghasilkan dana secara layak dan akuntabel, menghasilkan out put sesuai janji.(olf)

 














 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image