LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang
LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang

NASA Temukan Planet yang Diduga Bisa Tunjang Kehidupan

Author : Administrator | Senin, 29 April 2013 10:46 WIB
REUTERS/BD
 

Metrotvnews.com, Washington: Teleskop pemburu planet milik NASA telah menemukan dua planet yang diduga bisa menunjang kehidupan.

Kedua planet itu memiliki ukuran yang tepat dan terletak di lokasi yang tepat. Satu planet bersuhu panas sementara satunya dingin.

"Kedua planet itu merupakan kandidat terbagus sebagai planet yang bisa dihuni dari sejumlah planet yang diteliti," ujar ilmuwan kepala teleskop Kepler milik NASA William Borucki.

Penemuan yang dipublikasikan pada Kamis (18/4) di jurnal Science itu menjadi tonggak sejarah pencarian planet yang bisa menunjang kehidupan.

Selama empat tahun Kepler berkeliling orbit bumi, teleskop itu telah menemukan 122 exoplanet--planet yang berada di tata surya kita.

Di masa lalu, planet-planet yang ditemukan itu tidak memenuhi kriteria sebagai planet yang bisa menunjang kehidupan mulai dari mikroba hingga manusia.

Banyak planet tidak masuk dalam zona yang bisa ditinggali--tidak terlalu panas dan terlalu dingin sehingga air berada dalam bentuk cair.

Hingga kini, beberapa planet yang ditemukan di zona ideal ukurannya terlalu besar. Karenanya, planet itu diduga berupa bola gas seperti Neptunus dan tidak bisa ditinggali.

"Sementara, planet seukuran bumi tidak berada di lokasi yang tepat, dekat dengan bintang mereka," mujar Borucki.

Kedua planet yang diberi nama Kepler-62-e dan Kepler-62-f itu sangat tepat baik di sisi ukuran maupun lokasi. Kedua planet itu mengelilingi bintang yang sama dan lokasinya berdekatan seperti Bumi dan Mars.

Menurut Borucki, Kepler-62-e bersuhu hangat seperti Hawaii sementara Kepler-62-f bersuhu dingin mirip Alaska.

Kedua planet itu berjarak 1.200 tahun cahaya atau sekitar 10 triliun kilometer. (Reuters)


Editor: Basuki Eka Purnama

sumber : metrotvnews
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image