LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang
LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang

Teleskop Hubble Temukan Air di 5 Planet 'Alien'

Author : Administrator | Kamis, 05 Desember 2013 09:44 WIB
Teleskop Huble NASA berhasil mendeteksi adanya kandungan air di atmosfer lima planet yang berada di luar sistem tata surya. | (NASA, Christine Daniloff/MIT News)

VIVAnews - Teleskop Huble milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), berhasil mendeteksi adanya kandungan air di atmosfer lima planet yang berada di luar sistem tata surya.

Sebagaimana dilansir Fox News, 4 Desember 2013, lima planet itu masuk kedalam kategori eksoplanet atau planet yang berada di orbit lain dan mengelilingi mataharinya sendiri. 

Menurut para peneliti, penemuan air di dalam atmosfer itu adalah langkah maju dunia ilmu pengetahuan dalam pencarian planet-planet yang mungkin mampu mendukung suatu kehidupan.

"Kami sangat yakin melihat adanya tanda-tanda air di lima eksoplanet yang bernama WASP-17b, HD209458b, WASP-12b, WASP-19b and XO-1b. Temuan ini telah membuka pintu untuk menemukan eksoplanet-eksoplanet yang bisa untuk dihuni oleh manusia," kata Avi Mandell, peneliti di NASA Goddard Space Flight Center.

Mandel menambahkan, dari lima eksoplanet itu, WASP-17b dan HD209458b adalah yang paling banyak memiliki kandungan air.

"Untuk mendeteksi keadaan lingkungan di eksoplanet sangat sulit. Tapi, Teleskop Huble berhasil menangkap sinyal-sinyal yang menunjukkan adanya air," ujar Mandel.

Sementara menurut Drate Deming, peneliti dari University of Maryland, AS, temuan dari Teleskop Huble sangat mengejutkan. Sebab, kondisi atmosfer di lima eksoplanet itu sangat berkabut dan berdebu.

"Tapi kami mendeteksi adanya sinyal air yang besar di atmosfer itu. Sehingga menguatkan dugaan bahwa di eksoplanet itu terdapat kandungan air yang banyak," kata Deming.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di The Astrophysical Journal pada hari Selasa lalu.

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image