LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang
LSO Psychology Club
Universitas Muhammadiyah Malang

Refleksi Peran dan Fungsi Mahasiswa Bersama Psychology Club

Author : Administrator | Senin, 03 November 2014 18:07 WIB

Alhamdulillah pada minggu 19 oktober 2014 kemarin, Psychology Club atau yang biasa disebut PC di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang sukses mengadakan Diklat Ruang, bertempat di ruang 509 GKB 1. Agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, di adakan dalam rangka memberi pemahaman Lembaga Semi Otonom Psychology Club itu sendiri kepada anggota baru, terkait dengan bagaimana Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga di PC, Sejarah terbentuknya PC yang disampaikan langsung oleh para alumni PC, serta penyampaian materi mengenai Tugas Pokok dan Fungsi Mahasiswa, materi ini memang sengaja di pilih oleh panitia pelaksana karena di sesuaikan dengan tema Diklat tahun ini yakni “Refleksi peran dan fungsi mahasiswa”. Kemudian seminggu setelahnya, tepatnya tanggal 25 sampai 26 Oktober 2014 agenda dilanjutkan dengan Diklat Lapang yang bertempat di Cuban Rundo. Kegiatan camping ini bertujuan penyambutan anggota baru yang bergabung di PC (Psychology Club) serta dilaksanakan sebagai wadah perekatan antara anggota yang baru bergabung dengan para pengurus. 

Tepat jam 7 pagi (25/10/14), anggota baru dengan jumlah 42 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 32 orang perempuan, berkumpul di depan masjid untuk melakukan check in. Kurang lebih setengah jam kemudian anggota baru di berangkatkan ke Cuban Rundo (tempat diklat lapang) menggunakan 4 angkot. Sesampainya di lokasi anggota baru di arahkan untuk menuju tenda masing-masing. Kemudian opening ceremony, kegiatan dibuka oleh Ketua Pelaksana (Adam Muzakki) dan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan anggota baru PC periode 2014/2015. Setelah itu semua anggota baru di bagi menjadi 6 kelompok berdasarkan nama-nama hewan (kodok, ular, babi, ayam, kerbau dan bebek) , yang mana masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang. Kegiatan hari pertama di akhiri oleh pentas seni dari masing-masing kelompok yang di mulai dari jam 7 sampai jam setengah 9 malam. Penampilan dari masing-masing kelompok pun beragam dan sangat menghibur peserta yang lain. Ada yang menyanyikan lagu daerah dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia, ada musikalisasi puisi, ada drama dan lain sebagainya.

Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan outbond. Kegiatan inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta Diklat Lapang. Medan yang terbilang cukup menantang untuk dijalani, membuat peserta semakin semangat mengikuti kegiatan outbond. Peserta diberangkatkan dari jam 8 pagi dan sampai di air terjun Cuban Rundo jam 1 siang dengan jeda waktu istirahat sholat makan (Ishoma) 1 jam. Outbond ini terdiri dari 6 pos, masing-masing pos mengandung filosofi kehidupan yang sangat bermanfaat bagi peserta. Sebut saja pos pertama namanya “tali keegoisan”, di sini masing-masing peserta diberikan tali yang sudah terlilit dengan tali-tali yang dipegang oleh teman-temannya. Tugas mereka adalah melepaskan lilitan tali tersebut tanpa harus melepaskan kedua tangan mereka dari tali yang mereka pegang. Filosofi dari permainan ini adalah sikap egois dari masing-masing peserta, di sinilah yang harus bisa mereka kendalikan. Mereka harus mampu menyelesaikan lilitan permasalahan tanpa harus membawa emosi dan amarah mereka.  Kemudian peran seorang leader sangat diperlukan dalam permainan ini, karena permainan ini tidak akan pernah bisa di selesaikan jika masing-masing dari mereka memberikan instruksi kepada teman-temannya yang lain. Kemudian pos kedua “tampung kesabaran”, pos ketiga “jaga amanah”, pos keempat “papan kerjasama”, pos kelima “putaran kepekaan” dan pos keenam “perjuangan terakhir”. Masing-masing pos mempunyai filosofi kehidupan yang berbeda-beda. Kegiatan outbond ini dilaksanakan dengan harapan softskill dan sifat militan para anggota baru PC semakin terasah.

Kegiatan Diklat Lapang ini ditutup dengan upacara pengukuhan, dihadapan Al-Quran semua anggota mengucapkan ikrar PC yang di pimpin langsung oleh Direktur Psychology Club Periode 2014/2015 (Ilham Yanuar). Upacara pengukuhan berjalan hikmat dan tenang. Ekspresi kebahagiaan dan bangga pun tampak di wajah-wajah anggota baru.

Selamat berproses anggota baru Psychology Club periode 2014/2015. Jaya PC Jayalah Fakultas Psikologi !

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image